27 June 2009

Tips dan cara memotret yang bagus dan indah

cara memotret yang bagus
Artikel di Outdoor photographer edisi Nov 2008 yang menarik perhatian saya. Saya tulis inti2nya saja yah, Saya coba terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia biar bisa dinikmati bersama, saya tambahin sama celotehan saya ya hehe.

Keluarlah lebih sering
Keajaiban berlangsung setiap saat di alam ini. Kalo kamu baca tulisan saya ini di depan monitor berarti anda terlewatkan banyak momen. Tapi jgn kawatir anda tidak akan kehabisan momen dalam hidup ini. Kuncinya motret landscape adalah anda berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Lebih sering anda ke tempat yang anda sukai maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan momen tersebut. Alam punya schedulenya sendiri dan anda tidak tahu akan schedule alam, tapi planning anda sendiri tidak boleh di lupakan.

Serius
Hadapi object anda dengan serius, gunakan kamera anda dengan serius, mau dari view field camera atau kamera pocket. Percaya pada kemampuan anda dan percaya kalau kamera yang anda bawa pada saat itu dapat menghasilkan foto yang baik. Ini sangat mempengaruhi ketika anda akan motret atau tidak object menarik yang ada depan mata anda.
ketika anda mendapat kan object yang menarik anda harus berfikir, bagusnya di foto dari sudut yang mana yah, apakah komposisi ini baik atau ada yang lebih baik, eksplorasi di utamakan. dan pertanyaan itu tidak tergantung dengan tipe/model/merek alat yang anda akan pakai untuk motret.
Berusahlah untuk motret dengan pemikiran maksimum, jangan asal motret. Foto yang baik adalah foto yang baik. Pemirsa foto nggak peduli apakah fotonya jelek atau hampir bagus. Yang ada hanya foto bagus dan foto jelek

Research object anda
Motret landscape sangat bergantung terhadap keadaan alam. berbagai pertanyaan harus anda tanyakan,
apakah musimnya tepat?
apakah waktunya pas pada hari tu (pagi/siang/sore/malem)?
apakah matahari/bulan terbit/terbenam pada tempat yang pas(kalo disini tiap musim matahari/bulan pindah2)?
apakah tempatnya aman?
apakah mudah cari air?
apakah hewan2 yang ada?
suhunya berapa?
bawa baju apaan?
alat apa yang dibawa?
apakah siap batin kita?
dan masih banyak lagi pertanyaan yang nggak ada hubungannya sama fotografy sama sekali

Alat yang baik hanya bisa membawa anda dengan batasan tertentu
Alat2 anda salah satu kunci sukses dalam fotografi, dia memberikan kelebihan natural untuk anda. Tapi sampai disitu saja tidak lebih dari itu. Yang penting adalah pemikiran, keindahan apakah yang bisa anda bikinkan dengan alat yang anda punyai saat itu. Gear yang baik dapat memberikan anda warna/ketajaman yang baik. tapi Gear tidak akan memberikan anda komposisi yang baik, tidak akan memberikan gambar yang baik secara artistik, gear tidak akan merubah cahaya alam jadi lebih bagus. Gear yang paling baik ada gear yang membuat anda tidak kawatir akan kekurangan gear tersebut. karena dengan demikian anda akan lebih konsentrasi untuk membuat creative image yang baik, tidak memikirkan yang lain2
saya suka analogi dia tentang fine image dan fine meal; Alat makan yang indah dan baik tidak akan merubah rasa dari makanan, begitu juga dalam fotografi.
saran dia: bawalah peralatan yang cukup, kamera yang baik dan memadai untuk hasil akhir anda. kalo mau untuk di liat di monitor saja pake 6MP kamera cukup. kalo mau di print segede pintu, pake View 4x5 atau medium format tentunya. (dia ngomongin kualitas gallery bukan poster atau baliho). bawa support (tripod/monopod/quadpod) yang baik dan kuat untuk menopang gear anda.

Jangan maksa
Kalao anda pernah ketempat2 yang indah dan anda nggak motret jangan lah frustasi. Syukurilah, masih untung anda bisa ke tempat itu dan anda sempat melihatnya. makin keras anda mencoba anda makin tertekan dan bisa gagal untuk mendapatkan suasana yang anda mau. biarlah alam yang berbisara tentang kecantikannya, anda tinggal ambil gambar saja dan menikmati keindahan tersebut. kalau anda tidak enjoy, maka hasil foto anda juga akan tidak dapat dinikmati. teknik fotografi hanya bisa membawa sebuah foto ke tingkatan bagus secara teknik, tapi foto yang luar biasa ada bumbu emosi/perasaan dari yang membuat.
kalau anda tidak dapat menikmati suasana alam, maka kemungkinan besar anda sendiri tidak akan dapat mengabadikannya ke lapisan datar di kamera anda dengan sukses.
Jadi ingat lah kalau hunting landscape, sebaiknya tujuan kita untuk menikmati alam, bukan untuk jepret ajah, menengelamkan diri anda kedalam keindahan alam tersebut, otomatis anda akan mendapatkan keindahan alam yang akan anda foto.

Foto anda tidak berakhir dengan click saja
Point yang terakhir ini saya sangat suka, karena benar2 mengena buat saya . Anda belanja barang yang mahal untuk fotografi, anda bayar mahal untuk trip anda ke suatu tempat, anda merencanakan, memikirkan dengan lama untuk mengambil Keindahan yang tak ternilai harganya. Dan kemudian anda mendapatkan momen tersebut KLIK!, nah sekarang bagaimana seterusnya, apakah sudah puas? kalau anda sudah puas maka perjalanan foto anda, hanya setengah jalan. Foto2 anda butuh post processing (basah/kering), terserah sesuka anda. Beberapa master foto berpendapat kalau yang terpenting dari pengambilan sebuah foto adalah presentasi, hasil akhir untuk di nikmati orang lain melalui medium pilihan anda.
Tanyakan kepada diri anda dengan jujur, mengapa anda memotret? dan jika jawabannya adalah mendekati untuk sharing maka biarlah sharing tentang keindahan,ide2menarik, inspirasi atau cerita. Asahlah keahlian postprocessing anda untuk membuat takjub orang2 yang akan menjadi pemirsa foto anda.
jangan berhenti sebelum garis finish!
sumber: fotografer.net

tag:
tips, trick, foto, gambar, pemandangan, motret, bagus, indah

No comments:

Post a Comment

Silahkan kirim komentar yang membangun agar blog ini lebih baik lagi...